Air Terjun Duren Tunggal

Air Terjun Duren Tunggal, Pesona Wisata Cantik Alami Tanpa Kontaminasi

Wisatatrenggalek.com – Air Terjun Duren Tunggal, Pesona Wisata Cantik Alami Tanpa Kontaminasi, Disebuah pelosok desa yang jauh dari keramaian terdapat sebuah air terjun atau orang sana bilang juruk yang cukup cantik. Masyarakat disana menyebutnya juruk duren tunggal. Nama tersebut terinpirasi dari adanya 1 pohon duren/durian yang berdiri tegak disamping kanan juruk tersebut. Kawasan disini memang dikenal sebagai salah satu penghasil durian, sehingga wajar saja jika pohon durian tumbuh dimana-mana. Air terjun ini tidak begitu tinggi mungkin sekitar 10 meteran saja.

Apa istimewanya juruk duren tunggal ?

Air Terjun Duren Tunggal

Keistimawan juruk duren tunggal yaitu airnya begitu jernih dan belum ada kontaminasi oleh limbah rumah tangga. Ini terjadi sebab tidak ada perkampungan atau rumah diatas aliran air terjun ini. Saking jernihnya kamipun sempat minum air disini, terasa dingin dan segar. Udara sejuk serta gemericik air menambah semangat kita untuk berlama-lama disini.

Apa yang bisa kita lakukan di juruk duren tunggal ?

Disini kita bisa mandi di kolam kecil yang berada tepat dibawah air terjun. Kita juga bisa merasakan sensasi guyuran air yang jatuh dan menerpa tubuh kita. Sensasinya seperti pijat alami, dan rasa lelah kita seakan terobati dengan guyuran air yang jatuh tadi. Kita juga bisa berendam lama-lama di kolam kecilnya dan dipastikan airnya aman belum terkontaminasi.

Dimanakah letak air terjun duren tunggal ?

Air Terjun Duren Tunggal

Air tejun duren tunggal terletak di dusun Sentul desa Karangrejo Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Sekitar 8 km jaraknya dari pusat Kecamatan kampak . Kita bisa menyusuri jalan desa Karangrejo sampai ujung yang nantinya ada pasar kecil dan pertigaan. Dari pertigaan pasar kecil ini kita ambil arah kanan melalui jalan rabatan (*saat artikel ini ditulis ) sampai ketemu lagi pertigaan di persimpangan sungai kecil, ambil arah kanan lagi sekitar 50 meter ada jalan setapak belum beraspal dan masih berupa tanah (*saat artikel ini ditulis ) lalu kita bisa jalan kaki mulai dari situ. Membutuhkan jalan kaki sekitar 500 meter dan selama perjalanan mata kita akan dimanjakan dengan adanya juruk-juruk kecil sebelum sampai ke juruk duren tunggal. Letaknya tepat berada di jalan setapak.

Apa yang harus kita patuhi jika ke juruk duren tunggal ini ?

Yang harus kita patuhi tentunya kita harus membawa pulang sampah kita agar alam tetap bersih, tidak perlu corak-coret dan jangan mengambil apapun kecuali foto. Tetap berhati-hati jangan sampai diri kita celaka. Salam TDT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *